Fikih

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5 Lanjutkan »
  • Kang Santri, Menyingkap Problematika Umat, Jilid 1 dan 2

    Akidah|Fikih

    Buku ini merupakan rumusan jawaban dari berbagai kasus yang melingkupi kehidupan ini. Secara garis besar dalam buku ini berisikan pesan, peringatan dan kewaspadaan. Secara sistematis buku ini, dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian. Pada bagian pertama, bab Ubudiyyah [Pengabdian Spiritual Religi], Kedua Muamalah [Dialektika Sosial Kemasyarakatan] Bagian ketiga, bab Munakahat [Romantika Rumah Tangga] yang terakhir Syatta Syatta [Ragam Masalam Campuran]

     

    Lebih dari itu untuk menangkal dan mengimbangi kalangan Wahabi yang berseberangan dengan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah, disebutkan beberapa kasus yang paling disorot oleh mereka dengan diserai dalilnya.

    Harga:Rp. 104.000,-»95.000,-
  • Keberadaan Wudhu’ dan Hikmahnya

    Fikih|Ibadah

    Al-Allamah Al-Muhaddis Prof. DR. Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani, Makkah, seorang tokoh ulama pakar hadis, dalam kitabnya yang berjudul syarafu Ummah Al-Muhammadiyyah (Keutamaan umat Muhammad), mendefinisikan wudhu adalah amal perbuatan ibadah yang dapat menyucikan seseoarang dari dosa yang telah dilakukan, juga membersihkan anggota tubuhnya satu persatu. Setiap anggota wudhu’ yang dibasuh maka keluarlah dosa-dosa yang telah dilanggarnya.

     

    Dalam buku ini dibahas tuntas seputar wudhu’ beserta pengertian wudhu, dasar hukumnya, fungsi, fadhilah serta keutamaan serta macam-macam niat wudhu dan doa-doa wudhu.

     

    Buku ini ditulis dengan bahasa yang sangat mudah untuk dicerna serta mudah dimengerti oleh semua kalangan.

    Harga:Rp. 15.000,-
  • Keluarga Sakinah – Terjemah Kitab Uqudullujain

    Fikih|Ibadah

    Buku ini menjadi sangat penting untuk dikaji oleh mereka yang akan memasuki dunia perkawinan dan berumah tangga maupun bagi mereka yang sudah berkeluarga. Karena di dalamnya berisi penjelasan tentang masalah-masalah hak dan kewajiban suami istri, yang dilengkapi dengan landasan ayat-ayat al-Qur’an, al-Hadits dan asar sahabat serta hikayat-hikayat.

     

    Dengan memahami, menghayati dan mengamalkan kandungannya, InsyaAllah akan terbentuk keluarga sakinah, bahagia dan sejahtera.

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Kesahihan Dalil Qunut Menurut Syariat Islam

    Fikih|Kontra Wahabi

    Qunut adaalah salah satu diantara sekian banyak masalah khilafiyah. Sebagian ulama membolehkan dan sebagian lagi tidak. Bagaimanakah sebenarnya masalah qunut ini menurut sudut pandang madzhab imam Syafi’i? Apa dalil-dalil yang membolehkan qunut? Apa saja macam-macamnya doa qunut? Bagaimana pula pendapat ulama salaf tentang qunut? Bid’ahkah qunut ?

     

    Buku ini juga akan menjelaskan bagaimana cara pelaksanaan qunut serta cara melaksanakan sujud sahwi.
    Harga:Rp. 20.000,-
  • Kesahihan Dalil Tahlil Menurut Al-Qur’an Dan Al-Hadits

    Fikih|Kontra Wahabi

    Masalah tahlilan di Indonesia, lebih-lebih di pulau Jawa, sudah menjadi budaya yang melekat pada masyarakat umumnya, meskipun masih ada juga yang mempersoalkannya. Persoalannya sebenarnya sederhana, yaitu sampaikah pahala bacaan tahlil kepada si mayit?

     

    Buku ini akan menguraikan secara lengkap berkaitan dengan tahlil. Apa fadilah dan keutamaan-keutamaan bacaan tahlil, hukum tahlil, bagaimanakah pendapat para ulama terkait hal ini? Bolehkah tahlil di samping kubur? Bagaimanakah hukum membaca al-Qur’an secara bersama? Simak semua jawabannya dalam buku ini.

    Harga:Rp. 20.000,-
  • Kesahihan Dalil Talqin Menurut Syariat Islam

    Fikih

    Sudah lazim di kalangan umat Islam, khususnya Ahlussnnah Wal Jamaah, Apabila seseorang meninggal dunia, dan setelah dikuburkan, maka akan dibacakan Talqin, yaitu semacam mendikte untuk memahamkan si mayit agar pada saatnya nanti mampu menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir.

     

    Namun bagaimanakah sebenarnya hukum Talqin ini? Apa pendapat Imam Ibnu Qudamah, Imam Nawawi, Imam Al-Qurtuby, Syaikh Muhammad al-Khatib Sarbiny, Syaikh Muhammad ibn Alan Ash-Shiddiqy Asy-Syafii Al-Asy’ary Al-Makki, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, dan Syakh Sayyid Sabiq tentang Talqin? Benarkah orang yang sudah mati mampu mendengar? Bid’ahkah Talqin?

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Kesahihan Dalil Ziarah Kubur Menurut Al-Qur’an dan Al-Hadits

    Akidah|Fikih|Ibadah|Kontra Wahabi

    Ziarah kubur pada awal Islam, ketika pemeluk Islam masih lemah, masih berbaur dengan amalan jahiliyah yang dikhawatirkan dapat menyebabkan perbuatan syirik, Rasulullah saw melarang ziarah kubur, akan tetapi setelah Islam mereka menjadi kuat, dapat membedakan mana perbuatan yang mengarah kepada syirik dan mana yang mengarah kepada ibadah karena Allah, Rasulullah saw memerintahkan ziarah kubur, karena ziarah kubur itu dapat mengingatkan pelakunya untuk selalu teringat mati dan akhirat

     

    Buku ini akan membahas secara lengkap pengertian ziarah kubur, hukum-hukum ziarah kubur, tujuan ziarah kubur, adab dan tata cara ziarah kubur, hal-hal yang dilarang ketika ziarah kubur, serta bagaimana pendapat ulama, termasuk pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tentang hal-hal yang berkaitan dengan ziarah kubur.

     

    Disamping itu, akan dijelaskan juga bagaimana ziarah kubur Nabi Muhammad saw, ziarah kubur ulama Shalihin

    Harga:Rp. 9.500,-
  • Kumpulan Hadits-Hadits Hukum Islam, Terjemah Kitab Bulughul Maram Karya Ibnu Hajar Al-Asqalani

    Al-Hadist |Fikih

    Kitab ini adalah salah satu karya fenomenal dari Imam Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani. Siapa yang tidak mengenal Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani? Beliau adalah seorang ulama besar, karyanya dibaca, dikaji dan dipuji oleh para ulama semua Mahzab . Karya beliau tidak pernah berhenti "dilahap" lembar demi lembar oleh para penuntut ilmu hadist. 

    Salah satu karya beliau yang fenomenal adalah "Bulughul Maram Min Jam'i Adillatil Ahkam". Di dalamnya memuat sekitar seribu lima ratus hadits hukum yang tidak pernah lepas dari kehidupan kaum muslimin hingga hari kiamat kelak.


    Semua hadits yang dihimpun dalam kitab ini semua keluar mengalir dari hafalan Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani tanpa beliau rujuk dari kitab aslinya subhanallah.. Kitab ini telah dijadikan kurikulum oleh madrasah-madrasah, disyarh oleh para ulama dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di seluruh dunia.

    Harga:Rp. 75.000,-
  • Kunci Wanita Shalihah, Bidang Ibadah

    Fikih|Ibadah|Muslimah

    Buku ini berisi tuntunan ibadah mahdhoh {ibadah murni| bagi kaum muslimah. Dimulai dari bahasan mengenai ibadah itu sendiri, Haidh, Nifas, Istihadhah, Thaharah, shalat, zakat, puasa, haji, umrah dan ziarah. Masing masing bab dikupas secara jelas dan tuntas.

     

    Diharapkan dengan buku ini para muslimah dapat mengamalkan tugasnya dalam melaksaakan ibadah kepada Allah Ta’ala yang dalam beberapa hal ada perbedaan dari kaum laki laki pada cara pelaksanaannya, karena memang secara tabiat ada perbedaan penciptaan antara wanita dan laki laki,

    Harga:Rp. 30.000,-
  • Mari Fahami Fiqih Jinayat, Hukum Islam Terhadap Pelaku Tindak Pidana Karya Habib Segaf bin Hasan Baharun.

    Fikih

    Seiring marak dan tingginya angka kriminalitas, perzinahan, perselingkuhan, korupsi, suap-menyuap, pemerkosaan dan pertikaian, bahkan pembunuhan yang menjadi komuditas berita utama di hampir semua media massa. Yang semua Ini menunjukkan semakin rendah martabat dan moralitas bangsa ini, maka kiranya penerapan syariah Islam yang sudah lama hanya menjadi wacana, diharapkan terus berkembang untuk menjadi harapan dan kerinduan untuk dilaksanakan sebagai solusi efektif untuk mengganti hukum yang ada, yang sampai saat ini belum terbukti dan bahkan gagal memecahkan berbagai problema masyarakat yang semakin sulit untuk dikendalikan.

     

    Buku ini ditulis karena melihat banyaknya masyarakat yang kesulitan memahami persoalan fiqih jinayat. Lahirnya buku ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mempelajari dan memahami syariat Islam, khususnya fiqih jinayat yang merupakan kewajiban.

     

    Buku Fiqih jinayah [hukum Pidana] ini berisi uraian dan paparan lengkap terperinci mulai dari dalil dalil hukum jinayah, hukum dan masalah pembunuhan, proses qishos, hukum penyekapan, hukum pidana bagi kafir harbi, hukum jinayah tindak pidana selain pembunuhan, hukum melukai korban, memotong/menghilangkan sebagian organ tubuh, diyat, kaffaroh, hukum melakukan tuduhan zina dan pembunuhan, serta masih banyak lagi yang lainnya.

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Menggapai Kebahagiaan Hakiki Dalam Ikatan Yang Kokoh, Terjemah Kitab Hadiqatul Aniqah fi Syarhi Urwatil Watsiqah

    Fikih|Ibadah

    Syaikh Imam Al Qadhi Jamaluddin Muhammad bin Umar Mubarak bin Abdullah bin Ali al-Hadhrami Asy-Syafii, yang lebih dikenal dengan nama imam Bahraq, telah banyak membuat karya tulis lebih dari 22 buah kitab dan salah satunya adalah kitab Hadiqatul Aniqah fi Syarhi Urwatil Watsiqah” yang sedang dihadapan para pembaca.

     

    Kitab ini mengupas berbagai macam ilmu pengetahuan agama seperti ilmu tauhid, tarikh (sejarah), muamalat, serta nasehat-nasehat yang sangat berguna sebagai bekal ilmu pengetahuan yang dapat diamalkan sehari-hari.

     

    Meski imam Bahraq telah wafat 500 tahun yang lalu, namun karyanya masih tetap up to date. Dalam website BAHRAQ kita akan banyak menjumpai kupasan karya tulis beliau dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

    Harga:Rp. 28.000,-
  • Metodologi Fiqih Muamalah, Diskursus Metodologis Konsep Interaksi Sosial Ekonomi

    Fikih

    Buku ini adalah sebuah diskursus metodologis seputar konsep interaksi sosial-ekonomi berbasis syariah, yang memuat lebih dari 30 bab fiqih mu’amalah, yang berhubungan dengan sistem transaksional (‘uqud), baik yang bersifat komersial (mu’awadlah) ataupun non-komersial (tabarru’).

     

    Kajian dalam buku ini menggunakan pendekatan fiqih metodologis atau manhajî. Yakni suatu kajian yang tidak berhenti pada formulasi fiqih secara definitif-deskriptif (ta’rîfî), melainkan lebih pada eksploitasi penalaran argumentasi-argumentasi fiqhiyah (istinbâth al-hukmi). Karena itu, pembaca akan sangat mudah menjumpai alasan-alasan hukum di hampir setiap paragraf buku ini, baik secara rasional (‘aqli) maupun dalil Al-Quran dan Hadits (naqli).

     

    Kajian dalam buku ini juga diperkaya dengan istilah-istilah fiqih muamalah, sekaligus disisipkan beberapa kaidah fiqih yang memiliki relevansi dengan konteks masalah (furû’) yang dibahas. Lebih dari itu, penulisan dalam buku ini juga mencantumkan footnote berupa referensi Arab pilihan dari literatur klasik (turâts), sehingga akan memberikan nilai ilmiah tersendiri bagi pembaca yang berkepentingan.

    Harga:Rp. 76.000,-
  • Misteri Darah Wanita

    Fikih|Muslimah

    Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. al-Bayarah (2) 222).

     

    "Hukumnya wajib bagi seorang wanita mempelajari sesuatu yang dibutuhkan dari hukum-hukum haid, nifas dan istihadlah. Apabila suaminya pintar, maka wajib mengajar istrinya, dan apabila suaminya tidak pintar, maka boleh, bahkan wajib bagi istrinya' keluar dari rumahnya untuk keperluan bertanya kepada ulama. Dan hukumnya haram bagi seorang suami yang melarang istrinya keluar dari rumahnya untuk keperluan itu, kecuali suaminya akan bertanya kepada ulama, kemudian mengajarkan hukum-hukum itu kepada istrinya." (Syaikh Ibrahim al-Bajuri)

    Harga:Rp. 45.000,-
  • Panduan Mudah Fiqih Muslimah, 99 Tanya Jawab Masalah Yang Sering Dihadapi Kaum Wanita, Al Habib Segaf bin Hasan Baharun

    Fikih|Keluarga Sakinah|Muslimah

    Wanita sering dihadapkan pada berbagai macam masalah sehari hari, baik masalah pribadi, masalah dengan anak, dengan suami atau dengan keluarga yang lainnya. Kadang kala permasalahan ini begitu rumit dan melelahkan. Apabila permasalahan tersebut tidak segera mendapatkan solusi dan jalan keluarnya, lambat laun akan kian membebani pikiran, Akibatnya, hidup menjadi terasa sangat sempit dan sangat terbelenggu.

    Untuk Itulah Buku "Panduan Mudah Fiqih Muslimah" ini hadir. Buku ini berisi ratusan soal tanya jawab permasalahan yang sering dihadapi oleh para wanita dalam kehidupan keseharian. Mengupas berbagai masalah kewanitaan mulai dari pergaulan muda mudi, haid, istihadhoh, pernikahan, keharmonisan rumah tangga, bagaimana menjadi istri dan ibu yang sholehah, kehamilah, masalah anak dan suami, perceraian, dan lain sebagainya.

    Buku ini akan menjawab, membimbing dan menyelesaikan serta memberikan solusi persoalan yang sering dihadapi, dikupas secara rinci dan mendalam. Materi dalam buku ini adalah kumpulan Soal Jawab dalam rubrik Fiqh Nisa Majalah Alkisah {terbit dwi mingguan} yang diasuh langsung oleh Al Habib Segaf bin Hasan Baharun mulai tahun 2009 sampai dengan 2012,

    Al Habib Segaf bin Hasan Baharun adalah pimpinan Ponpes Putri Darul Lughah Wa Dakwah, Raci Bangil. Dari buah tangannya telah terbit berbagai buku yang membahas tentang tata cara pelaksanaan syariat ibadah.
    Harga:Rp. 75.000,-
  • Panduan Shalat Lengkap, Tata Cara Shalat Sesuai Tuntunan Rasulullah, Imam As-Syafi'i

    Fikih|Ibadah

    Shalat adalah ibadah paling utama seorang Muslim, yang harus dilakukan dalam keadaan apapun, bahkan dalam kondisi sakit atau tengah dicekam ketakutan (misalnya perang). Ini beda dengan tiga rukun Islam lainnya, yaitu puasa Ramadhan, zkat dan haji, yang boleh tidak dikerjakan bila kita tidak punya kemampuan untuk melaksanakannya.

     

    Buku ini menuntun Anda untuk dapat shalat secara sempurna, dengan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan secara rinci oleh Allah dan Rasul-Nya. Dan Rasulullah saw. secara tegas memerintahkan kepada umatnya untuk mengerjakan shalat seperti yang beliau lakukan. Shalat yang berbeda dengan yang beliau lakukan adalah tertolak.

     

    Berbeda dengan buku panduan shalat lainnya yang banyak beredar di masyarakat, buku ini ditulis oleh Imam Muhammad bin Idris asy-Syafi'i (IMAM ASY-SYAFI'I), salah satu imam mazhab dan seorang tabi'it tabi'in, yang masa hidupnya tidak terlalu jauh dari masa hidup Rasulullah saw. sendiri. Beliau mengamati langsung para ulama dan warga Mekkah dan Madinah shalat pada masa itu, juga hadits-hadits tentang shalat yang banyak beredar di kalangan ulama dua kota suci tersebut.

     

    IMAM ASY-SYAFI'I (135-188 H atau 767-820 M) adalah ulama keturunan Quraisy Mekkah tapi lahir di Gaza (Palestina). Beliau mencapai tingkat keilmuan yang tinggi di Mekkah, dibawah bimbingan Imam Malik bin Anas atau Imam Maliki, pendiri Mazhab Maliki. Imam Syafi'i adalah pendiri mazhab Syafi'i, salah satu dari empat mazhab besar fiqih di kalangan Ahlussunnah wal Jamaah. Pengikutnya tersebar di banyak kawasan, dari Afrika, Jazirah Arab selatan, anak benua India selatan, sampai Asia Tenggara. Dilihat dari sisi negara, Indonesia adalah negara dengan jumlah pengikut Mazhab Syafi'i terbesar di dunia.

    Harga:Rp. 73.000,-
  • Peringatan Haul Ditinjau dari Hukum Islam

    Akidah|Fikih|Kontra Wahabi

    Peringatan Haul sudah membumi di bumi tercinta Indonesia, entah sejak kapan dimulai dan siapa yang memulai, yang jelas peringatan ini sudah merupakan sutu kelaziman yang mengakar di mana-mana, tanpa ada keraguan sedikitpun bagi yang melakukan. Sampai akhirnya muncul kelompok yang Anti Haul.

     

    Kelompok ini menyerang sedemikian dahsyatnya, sehingga akhirnya memunculkan pertanyaan dan ungkapan mengapa yang dihauli ulama bukannya Rasulallah saw?, padahal Rasulullah adalah satu-satunya uswah hasanah.

     

    Bagaimanakah hukum Haul yang sebenarnya? Apa kata ulama tentang Haul ? Benarkah peringatan Haul berarti menjadikan kubur sebagai masjid? Benarkah peringatan haul berarti menjadikan kubur sebgai tempat yang paling suci? Benarkah binatang yang disembelih saat haul dipersembahkan untuk mayit? Mengapa yang dihauli ulama dan bukan Rasulullah saw ?

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Petunjuk Ke Jalan Lurus, Terjemah Kitab Irsyadul Ibad, {Ukuran Tanggung}

    Al-Hadist |Fikih|Ibadah|Petuah Bijak

    Judul asli buku ini Irsyadul Ibad ila Sabilir Rasyad. Merupakan kumpulan hadits dan terjemahannya tentang berbagai macam perkara keagamaan.

     

    Bagian awal pembahasan berupa masalah iman dan sebab yang membuat seseorang menjadi murtad. Dilanjutkan dengan uraian hadits-hadits yang menjelaskan tentang bersuci (Taharah) beserta ragam tata caranya, mulai dari wudhu, mandi wajib, mandi biasa, hingga tayammum.

     

    Kemudian diuraikan pula tentang fadhilah (keutamaan) zikir dan berbagai macam ibadah shalat. Dari shalat fardhu sampai shalat sunah, beserta bacaan-bacaannya.

     

    Sebagaimana judulnya, buku ini bisa dijadikan pegangan dalam beribadah. Membimbing setiap orang untuk beribadah sesuai tuntunan Rasulullah saw. yang tercantum dalam kitab-kitab hadits.

     

    Buku ini telah terjual lebih dari puluhan ribu eksemplar dan dikenal luas di kalangan masyarakat muslim Indonesia. Sementara kitab aslinya yang dalam edisi bahasa Arab menjadi kitab kajian di pesantren-pesantren tradisional dan modern.

    Harga:Rp. 63.000,-
  • Petunjuk Lengkap Tentang Hukum Haid, Nifas dan Istihadhah

    Fikih|Muslimah

    Buku  ini membahas tentang permasalahan permasalahan yang lazim dialami oleh kaum wanita yaitu haid, nifas dan istihadhah. Hal ini sangat penting untuk diketahui, baik oleh kaum wanita sendiri, ataupun untuk kaum lelaki.

     

    Ketidaktahuan akan masalah hukum haid, nifas dan istihadhah bisa menyebabkan seseorang terjerumus dalam dosa atau menjadi sia sianya amal yang dikerjakan.

     

    Buku ini disusun berdasarkan petunjuk Al Qur’an, hadits hadits Rasulullah Saw yang mutawatir, serta referensi dari berbagai kitab ulama yang melengkapi dan menyempurnakan.

    Harga:Rp. 15.000,-
  • Pokok-Pokok Ajaran Islam

    Akidah|Fikih

    42 hadis himpunan Imam Nawawi yang biasa dikenal dengan Hadis Arbain Nawawiyah. Hadis-hadis yang dihimpun penuh kelstimewaan karena di dalamnya terangkum inti-inti dari ajaran Islam sebagaimana yang telah dibeberkan langsung oleh Rasulullah saw. Penyajiannya diawali dengan hadis teks arab, kemudian terjemah, selanjutnya diterangkan keutamaan hadis tersebut, mufradat dan penjelasan maknanya, lalu latar belakang lahirnya hadis dan terakhir pemahaman atau pelajaran akan hadis tersebut. Hal ini untuk memudahkan pembaca memahaminya.

     

    Oleh sebab itu, kita selaku umat Islam yang memegang teguh ajaran Islam, sudah selayaknya untuk dapat lebih mengamalkan inti-inti dari ajaran yang dibawa Rasulullah saw.

    Harga:Rp. 133.000,-
  • Problematika Haid dan Permasalahan Wanita

    Fikih|Muslimah

    Haid atau menstruasi merupakan persoalan mendasar bagi kaum hawa. Hal ini penting, karena Haid merupakan bagian ajaran Islam, khususnya menyangkut kesucian jasmani dan ruhani yang berdampak pada sah tidaknya ibadah kaum wanita serta hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan tidak bila sedang haid

    Buku ini menyajikan secara rinci dan praktis, dilengkapi tabel-tabel yang Insyaallah akan memudahkan pemahaman para pembaca
    Stok Habis
    Harga:Rp. 18.000,-»16.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5 Lanjutkan »