Akidah

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 Lanjutkan »
  • Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari Tentang Ahlus Sunnah Wal Jamaah

    Akidah

    Memahami pandangan KH. M. Hasyim Asy’ari sebagai pendiri sekaligus ideolog NU mengenai Ahlus Sunnah Wal Jamaah berarti memahami orisinalitas gagasan mengenai ideologi Sunni pada komunitas Islam tradisional khususnya kalangan pesantren.

     

    Kajian buku ini memberikan gambaran dan fokus mengenai bagaimana ideologi itu dimaknai oleh KH. M. Hasyim Asy’ari dan komunitasnya di tengah dialektika wacana modernisme dan tradisionalisme Islam di Indonesia pada awal abad ke dua puluh. Studi semacam ini, selain dapat memberikan referensi bagi usaha usaha reaktualisasi ideologi, juga berguna untuk menambah khazanah keilmuan tentang Sunni Partikular, yaitu ekspresi Ahlus Sunnah wal Jamaah pada dimensi ruang dan waktu tertentu. Ia merupakan wujud aktualisasi sekaligus kontekstualisasi Ahlus Sunnah Wal Jamaah yang bersinggungan dengan kesejarahan umat Islam.

    Harga:Rp. 50.000,-»45.000,-
  • Pengantar Sejarah Ahlussunnah Wal Jamaah - Muhammad Idrus Ramli

    Akidah

    Dewasa ini, seiring dengan maraknya berbagai aliran menyimpang dan bahkan menyesatkan umat, menuntut umat Islam agar terus memacu diri mengkaji warisan ulama Salaf Shalihin yang ajarannya lurus murni, beraliran Ahlus Sunnah wal Jamaah baik dari aspek akidah, sejarah, sosial, politik, ekonomi dan lain sebagainya.

     

    Salah satu aspek yang sangat menarik untuk dipelajari adalah kajian Ahlus Sunnah wal Jamaah dalam bidang sejarah, sehingga akan terungkap kondisi politik di msa khulafaur Rasyidin, awal lahirnya perpecahan dalam Islam, latar belakang lahirnya berbagai aliran, hakikat istilah Ahlus Sunnah wal Jamaah, yang identik dengan dua madzhab besar dalam Islam yang diikuti oleh mayoritas kaum muslimin dari dahulu hingga kini, yaitu madzhab Al Asy’ari dan Al-Maturidi.

     

    Khilafiyah antara dua madzhab ini tidak sampai pada batas saling membid’ahkan dan mengkafirkan, sebagai ciri khas Ahlus Sunnah wal Jamaah yang selalu menjaga kebersamaan, solidaritas dan persaudaraan. Buku ini juga akan mengungkap mata rantai dua madzhab tersebut dengan kaum muslimin Indonesia

    Harga:Rp. 33.000,-»28.500,-
  • Peringatan Haul Ditinjau dari Hukum Islam

    Akidah|Fikih|Kontra Wahabi

    Peringatan Haul sudah membumi di bumi tercinta Indonesia, entah sejak kapan dimulai dan siapa yang memulai, yang jelas peringatan ini sudah merupakan sutu kelaziman yang mengakar di mana-mana, tanpa ada keraguan sedikitpun bagi yang melakukan. Sampai akhirnya muncul kelompok yang Anti Haul.

     

    Kelompok ini menyerang sedemikian dahsyatnya, sehingga akhirnya memunculkan pertanyaan dan ungkapan mengapa yang dihauli ulama bukannya Rasulallah saw?, padahal Rasulullah adalah satu-satunya uswah hasanah.

     

    Bagaimanakah hukum Haul yang sebenarnya? Apa kata ulama tentang Haul ? Benarkah peringatan Haul berarti menjadikan kubur sebagai masjid? Benarkah peringatan haul berarti menjadikan kubur sebgai tempat yang paling suci? Benarkah binatang yang disembelih saat haul dipersembahkan untuk mayit? Mengapa yang dihauli ulama dan bukan Rasulullah saw ?

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Permata Ilmu Tauhid, Terjemah Kitab Jauharut Tauhid Karya Syekh Ibrahim al-Laqqani

    Akidah

    Kitab nadzom atau syair bernama Jauharut Tauhid karya Syekh Ibrahim al-Laqqani ini membahas banyak sekali perkara ilmu tauhid. Hal ini penting untuk membuka kesadaran kita bahwa masih terlalu banyak hal-hal yang belum kita ketahui terkait dengan masalah tauhid, terutama masalah yang bersentuhan dengan iktiqad Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

     

    Karena itu, buku ini penting untuk dijadikan bahan bacaan dan kajian segenap kaum muslimin guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita terhadap masalah tauhid yang merupakan ushuluddin yakni pokok-pokok agama.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Permata Yang Indah, Intisari Ilmu Tauhid

    Akidah|Tasawwuf

    Buku ini berisi berbagai penjelasan soal ketauhidan, keimanan, serta pembahasan tentang hati.

     

    Menarik dijelaskan dalam buku ini bagaimana kemaksiatan dapat melemahkan dan menyakitkan hati. Selain itu juga dijelaskan tentang macam macam hati, berbagai penyakit hati dan obat untuk mengatasinya.

     

    Di awal buku ini dikupas tuntas tentang persoalan ketauhidan, seperti Iman kepada Allah, sifat sifat Allah, Imam kepada Al Qur'an, kepada Qadha dan Qadar. Beriman dengan adanya siksa kubur, dan lain sebagainya.

     

    Penjelasan dalam buku ini cukup jelas dan gamblang, tidak bertele tele namun padat. Buku ini layak Anda miliki 

    Harga:Rp. 20.000,-
  • Permata Yang Indah, Terjemah Kitab Ad Durrunnafis Karya Syekh M. Nafis bin Idris Al Banjarie

    Akidah

    Buku ini adalah terjemahan dari Kitab Ad Durrunafis, Kitab ini menjelaskan tentang persoalan persoalan tauhid. Kitab ini disusun oleh seorang ulama tanah banjar, yaitu Syekh M. Nafis bin Idris Al Banjarie pada tahun 1200 H di kota Makkah al Mukarramah.

     

    Sebagaimana yang disampaikan pengarang kitab ini dalam muqaddimahnya, kitab ini banyak menjelaskan tentang Keesaan Allah, Af’al Allah, Asma Allah dan Zat Allah.

    Harga:Rp. 22.000,-
  • Pokok-Pokok Ajaran Islam

    Akidah|Fikih

    42 hadis himpunan Imam Nawawi yang biasa dikenal dengan Hadis Arbain Nawawiyah. Hadis-hadis yang dihimpun penuh kelstimewaan karena di dalamnya terangkum inti-inti dari ajaran Islam sebagaimana yang telah dibeberkan langsung oleh Rasulullah saw. Penyajiannya diawali dengan hadis teks arab, kemudian terjemah, selanjutnya diterangkan keutamaan hadis tersebut, mufradat dan penjelasan maknanya, lalu latar belakang lahirnya hadis dan terakhir pemahaman atau pelajaran akan hadis tersebut. Hal ini untuk memudahkan pembaca memahaminya.

     

    Oleh sebab itu, kita selaku umat Islam yang memegang teguh ajaran Islam, sudah selayaknya untuk dapat lebih mengamalkan inti-inti dari ajaran yang dibawa Rasulullah saw.

    Harga:Rp. 133.000,-
  • Qami'uth Thughyan Ala Manzhumati Su'abul Iman karya Syaikh Nawasi Al Bantani

    Akidah

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Qami'uth Thughyan Ala Manzhumati Su'abul Iman karya Syaikh Nawasi Al Bantani yang mengupas syair syair "Syu'abul Iman" karya Syaikh Zainuddin bin Ali bin Ahmad. Isi buku ini adalah penjelasan mengenai 77 cabang iman yang dapat mengantarkan seorang mukmin menyempurnakan nilai keimanannya kepada Allah.
    Harga:Rp. 15.000,-
  • Rekam Jejak Radikalisme Salafi Wahabi, Sejarah, Doktrin dan Akidah

    Akidah|Kontra Wahabi|Beranda

    Buku ini akan mengupas tuntas sejarah wahabi sejak awal kemunculannya hingga saat ini dengan data akurat bersumber dari kitab-kitab sejarah kalangan ulama wahabi sendiri yang disertai scan-scan redaksi dan kitabnya.


    Buku ini juga mengupas secara detail dan ilmiyyah tentang hadits-hadits yang berkaitan munculnya Fitnah tanduk syaitan yang terkait dengan kemunculan fitnah wahabi dan fitnah-fitnah lainnya. Semua syubhat dari wahabi, terbantahkan secara akurat dan ilmiyyah.

    Buku ini juga menguraikan sebagian penyimpangan kaum wahabi yang menyebabkan terjadinya konflik dengan kaum muslimin lainnya dan bantahan atasnya secara ilmiyyah dan argumentatif.


    Buku ini menguraikan konsep tauhid wahhabi yang menjadi dasar konflik dengan mayoritas kaum muslimin. Pembagian tauhid yang mereka ada-adakan menjadi problem yang merenggangkan keharmonisan di tengah-tengah umat Islam. Sehingga muncullah pemahaman takfir, tasyrik, tabdi’ dan tadhlil kepada mayoritas umat Islam dan bahkan kepada para ulama besar Ahlus sunnah wal-Jama’ah. Bantahan atas pembagian tauhid yang bathil ini, juga penulis paparkan secara detail dan aergumentatif.


    Buku ini juga menuraikan konsep aqidah tajsim kaum Wahhabi khususnya dari para ulama mereka belakangan ini yang semakin menyimpang jauh dari sebelumnya. Konsep akidah yang mensifati Allah dengan sifat-sifat makhluk hingga pada taraf menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya, Naudzu bilahi min dzaalik... Penulis sertakan pula ucapan-ucapan para ulama besar dari kalangan salaf dan khalaf tentang akidah yang dibawa oleh Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.


    Buku ini juga menguraikan kegoncangan dan kontradiksi yang terjadi di kalangan Wahhabi sendiri dalam masalah akidah yang membuktikan bahwa akidah mereka bathil dan bukan berasal dari akidah Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam yang diikuti oleh para sahabat dan mayoritas ulama Ahlus sunnah wal-Jama’ah.

    Harga:Rp. 45.000,-
  • Sejarah dan I’tiqad Ahlussunnah Wal Jama’aj

    Akidah|Sejarah / Biografi

    Di kalangan umat Islam semakin hari semakin timbul berbagai macam faham dan aliran yang satu dengan lainnya saling menyalahkan, saling fitnah, bahkan saling mengkafirkan. Masing masing mengklaim dirinya yang paling benar.

     

    Terhadap kondisi ini Baginda Nabi Muhammad Saw telah memberikan acuan dan petunjuk yang jelas, yaitu agar umat senantiasa berpegang teguh kepada Sunnah dan Jamaah atau Ahlus Sunnah wal Jamaah. Namun konsep Ahlussunnah wal Jamaah sendiri belum dipahami secara tuntas. Semua pihak mengklaim dirinya bagian dari Ahlussunnah wal Jamaah.

     

    Lalu bagaimana Ahlussunnah wal Jamaah itu sebenarnya? Bagaimana pula dengan klaim beberapa kalangan yang ada? Temukan jawabannya dalam buku ini.

    Harga:Rp. 21.500,-
  • Skandal Al-Qur’an Syiah

    Akidah

    Jika kita bisa memahami bagaimana persepsi suatu sekte terhadap Al-Qur’an, dan bagaimana keyakinan mereka terhadapnya, tentu kita bisa menilai secara proporsional, apakah sekte itu ada dalam rel yang benar atau sebaliknya. Dan di sini, kita sedang berhadapan dengan sekte Syiah, yang diyakini memiliki pemahan dan keyakinan spesifik yang ‘tak biasa’ terhadap Al-Qur’an. tapi kita perlu tahu pasti, seperti apa ketidakwajaran keyakinan di dalam Syiah itu? Buku ini akan memberikan jawabannya.

    Harga:Rp. 25.000,-
  • Syiah di Mata Ulama dan Al Ba’alawi

    Akidah

    Syiah telah meresahkan. Muncul dengan mengaku sebagai pengikut madzhab Ahlul Bait, mereka sebarkan faham menyimpang di tengah umat Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. Akibatnya, tidak sedikit yang tersesat.

     

    Apa dan siapa Syiah itu? Bagaimana mereka muncul? Bagaimana keyakinan mereka terhadap Qur’an dan As-Sunnah? Seperti apa sikap mereka terhadap sahabat Nabi dan istri Nabi, ummul mukminin Aisyah r.ha? Apa kata ulama tentang Syiah dan bagaimana sikap para Sayyid Al Baalawi terhadap mereka?

     

    Buku ini menjelaskan secara gamblang dan praktis semua seluk beluk Syiah. Disusun dengan gaya tanya jawab sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan. Buku ini tentu disertai dengan dalil-dalil dari kitab-kitab rujukan yang terpercaya.

    Harga:Rp. 20.000,-
  • Tanya Jawab Akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah, Karya Habib Zein bin Ibrahim bin Smith

    Akidah

    Buku ini berjudul asli al-Ajwibah al-Ghaliyah fi 'Aqidah al-Firqah al-Najiyah. Disusun oleh al-Habib Zainal Abidin bin Ibrahim bin Smith al-Alawi al-Husaini. Berisi tentang keyakinan pokok golongan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Yang harus diketahui oleh para santri dan pelajar ilmu agama, yang dapat mendorong mereka ke jalan yang lurus, dan menyelamatkan mereka dari berbagai jalan yang dilewati oleh orang-orang yang menyimpang dari ajaran agama, orang-orang yang sesat dan menyesatkan.

     

    Berbagai persoalan dijawab oleh ulama Madinah asli Jakarta ini mengenal keyakinan dan amaliyah golongan Aswaja, seperti pengaruh kekuasaan Allah, keistimewaan Nabi Muhammad, bid'ah dan pembagiannya, larangan mengkafirkan orang Islam, pengukuhan syafa'at, istighatsah, bacaan al-Qur'an untuk orang meninggal, keramat para wali, perayaan Maulid Nabi, majlis dzikir, dan sebagainya.

     

    Amaliyah tersebut telah dilakukan oleh generasi Islam terdahulu, yaitu generasi sahabat, tabi'in, tabi' tabi'in, dan seterusnya hingga masa kita sekarang. Setiap jawaban disertai dengan dalil al-Qur'an, Hadis, Atsar, dan pendapat imam ahli ijtihad.

    Harga:Rp. 26.000,-
  • Terjemah Kitab Fathul Majid, Ilmu Tauhid

    Akidah

    Buku ini adalah terjemahan kitab Fathul Majid karya Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi Asy Syafi’i. Kitab Fathul Majid adalah kitab yang menjelaskan dasar dasar aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah yang identik dengan Ijma’ atau kesepakatan ulama tentang aqidah Islam. Hal ini sangat berlawanan dengan madzhab Muktazilah yang lantang menolak Ijma’, juga berbeda dengan golongan Syi’ah yang menolak qiyas.

     

    Kitab Fathul Majid dalam kenyataannya benar benar sangat populer di kalangan pesantren, setiap pondok pesantren mesti mengenalnya, lebih dari itu setiap santri dianjurkan mengkaji dan mempelajarinya, sebab memahami kitab seperti ini merupakan tanda muslim yang sejati, karena dia bisa mengerti hakekat dirinya dan mengenal Rabb yang menciptakannya, sehingga dia bisa menghambakan diri kepada Allah secara hak tanpa keraguan sedikitpun. Secara mantap, dia akan bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang layak sebagai Rabb kecuali Allah dan bersaksi, Nabi Muhammad adalah hamba sekaligus utusan Allah.

    Harga:Rp. 14.000,-
  • Terjemah Kitab Jawahirul Kalamiyah – Syekh Thahir bin Saleh Al-Jazairi

    Akidah

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Jawahirul Kalamiyah karya Syekh Thahir bin Saleh al-Jazairi. Kitab ini berisi pelajaran ilmu tauhid dasar.  Pembahasan dalam buku ini sangat mudah, padat, dan logis.

     

    Buku ini disusun dengan metode tanya-jawab, sehingga akan memudahkan pemahaman dan langsung pada tujuan (to the point). Teks bahasa Arab dari kitab aslinya juga masih disertakan dalam edisi terjemahan ini.

    Harga:Rp. 5.000,-
  • Terjemah Kitab Kifayatul Awam, Pembahasan Ajaran Tauhid Ahlus Sunnah Wal Jamaah - Syeikh Muhammad al-Fudholi

    Akidah

    Buku ini adalah terjemah dari Kitab Kifayatul Awam.  Kitab ini merupakan kitab yang yang mu'tabar dan dipelajari dihampir di semua pondok pesantren di Indonesia. Kitab ini berisikan pelajaran Ilmu Tauhid Ahlus Sunnah wal Jamaah.

    Mempelajari Ilmu Tauhid akan meningkatkan dan memperteguh keimanan dalam dada. Iman yang kuat akan mendorong seseorang untuk terus beramal sholeh dan berpikiran positif. Iman yang kuat juga akan membentengi seseorang dari perbuatan yang dilarang oleh syariat.

    Harga:Rp. 15.000,-
  • Terjemah Kitab Risalatul Jamiah wa Tadzkiroh An-Nafiah, Karya Al-Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi

    Akidah|Fikih|Tasawwuf

    Kitab Risalatul Jamiah adalah kitab yang disusun oleh Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi. Beliau menimba berbagai bidang ilmu agama Islam dari gurunya Al-Habib Ahmad Abdullah Bilfaqih.

     

    Beliau juga mendampingi, berkhidmat dan belajar kepada Al-Qutub Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad selama 40 tahun, hingga wafatnya penyusun Sang penyusun Ratib itu.

     

    Buku ini pada pokoknya berisi pembahasan tentang Akidah, Syariat dan tasawuf. Selain itu diakhir buku ini terdapat tambahan doa-doa sehari-hari dan tuntunan sholat. Teks bahasa Arab masih disertakan dalam buku ini.

    Harga:Rp. 12.000,-
  • Terjemah Kitab Risalatul Jamiah, Fiqih Praktis Seputar Ibadah Karya Habib Ahmad bin Zein Al-Kaf

    Akidah|Fikih

    Kitab ar-Risalah al-Jami'ah yang ditulis oleh seorang 'arifbillah al-Habib Ahmad bin Zain al-Habsyi ini, merupakan kitab yang luas keberkahannya. Para ulama dan orang-orang saleh mementingkan kitab ini dengan mengajarkannya bagi para pemula. Kitab ini mencakup dasar-dasar ilmu tauhid, fiqih, suluk dan perjalanan menuju Allah yang dikenal dengan ilmu tasawuf.

     

    Kitab ini juga termasuk yang diwasiatkan oleh orang-orang yang berakal dan istimewa dari kalangan mereka yang berilmu dan berpengetahuan agar diajarkan, karena di dalamnya meliputi sendi-sendi agama yang disertai dengan cahaya, keruhanian, dan dampak kebaikan yang melimpah, yang dapat mencapai ke jiwa dan akal pembaca dan pendengar.

     

    Selain itu, dalam buku ini juga disertai penjelasan yng bermanfaat yang berkaitan dengan kitab ini. Penjelasan yang diperlukan bagi pembaca kitab ar-Risalah ini, dan dapat menjadi kunci bagi pembacanya untuk memahami kitab ar-Risalah ini. Begitu juga sebagai perantara untuk memperluas pengetahuan ini pada kitab-kitab yang sebelum atau sesudahnya.

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Terjemah Kitab Sullamut Taufiq, Tangga Menggapai Taufiq – Syekh Abdullah bin Husain bin Thahir Ba’Alawi

    Akidah|Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Sullamut Taufiq  karya Syekh Abdullah bin Husain bin Thahir bin Muhammad bin Hasyim Ba’alawi. Kitab ini merupakan salah satu peninggalan ulama salafus shaleh Ahlus Sunnah wal Jamaah. Kitab ini juga menjadi salah satu kitab rujukan dasar, serta banyak dipelajari di hampir semua pondok pesantren di Indonesia. Kitab ini berisi ajaran tauhid, syariah, dan etika dalam kehidupan Islami

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Terjemah Kitab Tijan Ad Darori, Syekh Muhammad Nawawi Al Jawi

    Akidah

    Setiap muslim di bumi ini wajib mempelajari dan mengerti ilmu ketauhidan. Kemantapan iman dapat diperoleh jika seseorang benar benar mengerti ilmu tauhid. Ada ungkapan Tak kenal maka tak sayang. Kiranya tepat digambarkan jika seorang muslim ingin melakukan pendekatan yang mesra kepada tuhannya maka ia perlu mengenal siapa tuhannya.

     

    Buku karya Syeikh Muhammad Nawawi Al Jawi yang berjudul Tijan Ad Darori ini menuntun kita untuk lebih mengenal Allah Swt lewat sifat sifatnya. Buku ini juga menjelaskan tentang sifat sifat wajib dan jaiz bagi Allah Swt serta nasab Rasulullah Muhammad Saw.

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 Lanjutkan »